Cara membuat Contact Form di Blog

membuat-form-contact-di-blog
Contact form atau kalau kita blogger Indonesia sering menyebutnya Kontak Me. Sebuah laman dengan adanya form contact me ataupun contact us juga termasuk laman yang lumayan penting buat blog, karena selain form komentar form contact (kontak) merupakan jembatan atau penghubung admin sebuah blog dengan para pembacanya, sehingga para pengunjung dan pembaca blog sahabat bisa langsung menanyakan hal  yang berhubungan dengan artikel blog sahabat.
baca juga cara menjadikan font windows menjadi font Apple Mac OS

Kenapa? dan apa pentingnya? tunggu dulu, mungkin sahabat media infonetku kurang berminat dengan form kontak. Tapi tahukah sahabat jika kita admin sebuah blog menyediakan layanan untuk berinteraksi dengan pembaca dan pengunjung pengaruh positifnya adalah, para pengunjung merasa nyaman dan terbantu untuk melakukan, mengikuti, membaca, membagikan dan mengaplikasikan artikel blog kita, dengan kata lain para pembaca merasa dekat dengan admin sehingga kredibilitas atau kekuatan artikel blog kita semakin kuat.

Membuat Form Contact dengan Wufoo.

Membuat form kontak di blog ada berbagai macam atau berbagai jalan yang bisa kita pilih, dengan bantuan aplikasi dari web yang baik hati yang memberikan sahabat bantuan untuk membuat form contact lebih mudah, beberapa diantaranya adalah Google Docs, Kontactr, Contactify, dan juga Wufoo. Semua website yang saya sebutkan tadi layanannya gratis loh, terserah sahabat mau yang mana, kalau saya pribadi saya memakai Wufoo, nah disini sedikit yang saya jelaskan adalah cara membuat form contact di wufoo.com

membuat-form-contact-di-blog























Gambar diatas adalah foto contoh form contact me di blog ini, untuk meilihat asilanya sahbat bisa klik tab Contact Me diatas.
Cara membuatnya juga gampang koq yang pertama buat akun sahabat di wufoo.com

membuat-form-contact-di-blog

Setelah akun sudah dibuat, saatnya sahabat membuat form disana ada   tab forms  kemudian klik, setelah itu dibagian atas sebelah kanan ada New Form, klik disana dan buatlah form sesuai kebutuhan sahabat.


membuat-form-contact-di-blog

Setelah selesai membuat form yang sahabat inginkan, buatlah beberapa modifikasi di form sahabat, contohnya membuat template atau tampilan form yang sesuai dengan yang anda inginkan, selajutnya jika sahabat inign mendapat pemberitahuan melalui email jika ada pembaca blog sahabt yang mengisi form silahkan klik di Notifications selajutnya berikan alamat email yang akan menjadi email pemberitahuan.

Menampilakan Form di Blog.

Untuk menampilkan Form yang sahabt buat di blog, langsung klik saja Code, seperti yang terlihat di gambar diatas kemudian pilih Embed Form Kode, selajutnya copy kode iframe Version.
Langkah selajutnya buatlah laman baru di blog sahabat, dan paste kode yang dicopy tadi  selajutnya terbitkan  laman tadi. 
Tapi sebelum laman tadi di terbitkan ada baiknya sahabat pratinjau dulu laman yang baru sahabat buat , apa memang sudah form yang baru sahabat tambahkan sudah terlihat dengan baik atau tidak, mungkin panjang form yang terlihat di blog sahabat tidak semuanya terlihat untuk itu, sahabat bisa edit yang tadinya height="646" menjadi height="750" atau sesuaikan dengan themes form sahabat.
Bagaimana, gampangkan, selamat mencoba yah.

Post a Comment

0 Comments