Cara Membuat, Menambah Partisi Harddisk Windows 8

partisi-harddisk-windows-8
Media Infonetku - Saya pernah menulis tentang bagaimana caranya untuk membuat partisi harddisk  di windows 7, nah sekarang yang saya bagikan ke sahabat media infonetku adalah bagaimana cara membuat partisi harddisk di Windows 8

Sebenarnya cara untuk membuat , menambah partisi atau juga bahkan sahabat ingin menambah ataupun mengurangi kapasitas partisi harddisk sahabat bisa mengikuti cara yang sudah admin bagikan sebelumnya untuk windows 7, karena caranya sama saja yaitu dengan menggunakan Disk Management.

Caranya klik Start lalu klik kanan computer kemudian klik Manage kemudian klik Disk Management disana sahabat bisa menambah, mengurangi, menformat, atau bahkan membuat partisi baru. Kalau di Windows 7 dengan menggunakan Disk Management bawaan dari windows ini bisa kita gunakan untuk menambah dan mengurangi kapasitas partisi utama (partisi harddisk yang menyimpan system) Namun di windows 8 sahabat tidak bisa menambah (extend) partisi utama harddisk, nah inilah kesulitan pertama yang saya temui ketika saya memutuskan untuk menghapus instalasi windows 7 saya karena admin sudah mempunya windows 8, setelah windows 7 saya hapus, saya ingin menambahkan partisi winsows 8 saya dengan partisi bekas windows 7 yang sudah di format, tapi ternyata partisi utama windows 8 saya tidak bisa ditambahin kalau kita hanya menggunakan tool disk management bawaan windows. Setelah browsing kesana kemari akhirnya saya menemukan software untuk windows 8 yang membantu saya untuk menambah dan mengurangi partisi harddisk saya namanya AOMEI Partition Assistant Home Edition. 

partisi-harddisk-windows-8

Gambar diatas adalah tampilan AOMEI Partition Assistant Home Edition, software gratis ini bisa membantu sahabat yang ingin menmbah kapasitas harddisk windows 8 kamu.


Cara Menggunakan.

Cara pemakaian software ini juga mudah sekali, semua tool sudah tersedia, ada Copy partition, delete partition, format partition, Resize Partition dan ada juga Allocate Free Space.
Nah tool Allocate Free space inilah yang kita gunakan untuk menambah kapasitas partisi utama windows 8.
Cara klik dulu partisi yang akan kita alokasikan ke partisi utama windows 8, kemudian klik Allocate Free Space, kemudian pilih pengalokasiannya ke partisi utama windows 8 bianya ini label disknya C: 
Kemudia set berapa besaran yang kamu akan aikasikan ke partisi utama atau (C:) setelah selesai restart komputer kamu, nah saat reboot atau restart disaat itulah software ini akan bekerja untuk menambahkan free space ke partisi utama windows 8 (C:) jadi tunggu aja sampai selesai prosesnya.
Bagaimana gampangkan? Selamat mencoba yah. SALAM

Post a Comment

0 Comments