Memilih Membuat Blog Wordpress atau Blogspot

Saya ingin mengulang membahas mengenai webhosting gratis mana yang baik untuk digunakan membuat blog. Disini saya akan membahas Wordpress dan Blogspot. Kedua Webhosting besar yang memang sudah sangat berpengalaman ini, menyediakan layanan gratis untuk para pelanggannya. Akan tetapi tentu saja keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika anda benar-benar pemula, mungkin belum begitu memahami apa saja kekurangan dan kelebihan dari layanan yang diberikan oleh Wordpress maupun Blogspot ini.

Memang apabila anda hanya bermaksud untuk belajar saja, tentu itu tidak akan terlalu menjadi masalah. Tetapi jika anda ingin mulai belajar yang serius dalam mengelola blog, dan akan menggunakan jasa Wordpress atau Blogspot, ada baiknya anda memperhatikan kelebihan dan kekurangan dari keduanya terlebih dahulu. Ini penting untuk kedepannya, sebab tidak menutup kemungkinan anda akan mengganti versi blog gratis ini ke versi pro atau versi yang berbayar nantinya, apabila blog anda tersebut kedepannya memiliki peringkat yang bagus dan berpotensi besar untuk menjalankan bisnis anda.

Blog Wordpress atau Blogspot
  • Wordpress
Apabila Anda memilih Wordpress sebagai tempat hosting gratis blog anda, disana Anda akan mendapatkan beberapa fasilitas yang membantu untuk mempermudah dalam mengoptimalkan atau melakukan optimisasi blog. Misalnya dengan adanya pasilitas Wordpress Plugin. Dengan hanya menginstal plugin yang dibutuhkan lalu melakukan setting pada plugin tersebut, anda tidak perlu repot untuk melakukan penempatan kode-kode CSS atau HTML pada blog Anda. Akan tetapi sayangnya, untuk mendapatkan pasilitas plugin tersebut hanya diberikan oleh Wordpress pada versi berbayar saja.

Sementara pada versi gratisnya plugin ini tidak tersedia. Memang agak sulit untuk melakukan Optimisasi dengan cara memodifikasi kode-kode html pada template wordpress gratisan ini tanpa adanya plugin. Sebab pada Wordpress versi gratis ini, anda juga tidak dapat melakukan editing CSS ataupun HTML, Anda hanya bisa memanpaatkan fasilitas yang telah disediakan saja oleh Wordpress. Ini adalah salah satu dari kekurangan jika anda memilih menggunakan wordpress yang gratis.

  • Blogspot
Jika memilih Blogger sebagai tempat webhosting gratis anda, salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Blogspot ini adalah dengan memberikan kebebasan untuk melakukan editing pada kode-kode HTML maupun CSS pada template yang anda gunakan. Dengan begitu, anda masih bisa berusaha untuk mengoptimalkan blog secara maksimal. Dengan cara melakukan banyak perubahan atau modifikasi pada kode-kode html didalam template yang digunakan untuk blog. Inilah salah satu kelebihan apabila anda menggunakan blogspot. Kekurangannya adalah blogger blogspot ini tidak menyediakan pasilitas plugin seperti pada Wordpress.

Dengan diberikan kebebasan akses untuk melakukan perubahan pada script html ini, tentu saja akan lebih memudahkan anda dalam mengedit template agar sesuai seperti apa yang anda inginkan. Dengan begitu, optimisasi on page ataupun off page, akan sedikit lebih mudah dilakukan jika anda memilih blogger blogspot sebagai tempat untuk membuat blog.

Jadi untuk anda yang pemula, silahkan pertimbangkan terlebih dahulu jika ingin membuat blog. Apakah akan menggunakan hosting Wordpress atau Blogger Blogspot. Itulah pembahasan tips blogging saya kali ini mengenai  Wordpress dan Blogspot. Mana yang baik untuk digunakan sebagi tempat membuat blog. Tetapi jika anda memang sedang belajar, tidak ada salahnya untuk mencoba kedua hosting terkenal itu, nanti dengan sendirinya anda akan mengetahui mana yang lebih baik untuk anda gunakan pada versi gratis.

Ketentuan Berkomentar

  • Komentar yang tidak sesuai topik lebih baik disampaikan di halaman-artikel .
  • Komentar yang menyertakan link hidup tidak akan ditampilkan / dihapus.
  • Format link yang diterima :
  • greenbaysludge.blogspot.com ganti menjadi greenbaysludge.
  • greenbaysludge.blogspot.com/p/sitemap.html ganti menjadi greenbaysludge[dot]blogspot[dot]com/p/sitemap[dot]html.
  • blogger.com ganti menjadi blogger atau blogger[dot]com.
  • 23 Februari 2015
Previous
Next Post »