Cara Mengatasi Bounce Rate Blog

Cara Mengatasi Bounce Rate Blog. Bounce rate yaitu persentase pengunjung blog yang hanya mengunjungi satu halaman blog tersebut kemudian langsung meninggalkan blog itu. Jadi bounce rate ini lebih melihat kepada kualitas suatu kunjungn terhadap sebuah blog. Semakin kecil nilai bounce rate blog, maka akan semakin baik kualitas kunjungan terhadap blog atau website tersebut. 

Sebaliknya apabila bonce rate blog semakin tinggi, tentu saja semakin kurang baik kualitas kunjungan terhadap blog tersebut. Hal ini bisa saja diartikan blog yang memiliki bounce rate tinggi sudah kehilangan banyak pengunjung. Nah, lalu bagaimana cara mengurangi bounce rate blog untuk meningkatkan kualitas pengunjung.

Apa yang menyebabkan Bounce rate blog menjadi tinggi? Biasanya para pengunjung blog datang dengan tujuan untuk mendapatkan informasi yang mereka cari. Akan tetapi pada saat mereka berkunjung dan membaca artikel di blog tersebut, mereka tidak mendapatkan apa yang diinginkannya. Jika hal itu yang terjadi, sudah tentu pengunjung akan segera pergi dan meninggalkan blog tersebut.

Cara mengatasi bounce rate

Banyak sekali faktor yang menimbulkan bounce rate blog menjadi sangat tinggi. Diantaranya adalah artikel yang kurang berkualitas, ataupun bisa saja disebabkan karena loading blog yang sangat lambat. Untuk mengurangi bounce rate pada blog anda ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah:

Buatlah Konten yang Menarik Pengunjung
Jika blog anda memiliki banyak artikel dengan konten yang menarik dan berkualitas, biasanya mereka yang berkunjung ke blog tersebut selalu membaca setiap artikel sampai selesai. Karena hal itulah sebaiknya kita harus memperbaiki kualitas konten supaya lebih menarik dan memiliki banyak informasi yang dibutuhkan pembaca.

Usahakan untuk Meminimalkan Iklan
Pada saat pengunjung membuka blog yang memiliki banyak iklan, apalagi dengan penempatannya yang cukup mengganggu pengunjung saat membaca, biasanya mereka merasa enggan untuk membuka halaman yang lain. Kemudian langsung menutup blog tersebut. Oleh sebab itu, sebaiknya tempatkan iklan dengan baik, supaya enak dilihat, terutama tidak menggangu pengunjung yang ingin membaca artikel. Hal ini juga merupakan suatu cara untuk mengurangi tingkat bouncing.

Mengganti Template Dengan Template SEO Friendly
Selain karena kualitas artikel yang kurang berkualitas, bounce rate ini juga sering ditimbulkan karena loading blog yang sangat lambat. Hal ini biasanya diakibatkan karena menggunakan template blog dengan template yang memiliki banyak java script dan css ataupun terdapat banyak conten flash sebagai plugin untuk membuat tampilan blog lebih menarik.

Tetapi akibatnya loading blog tersebut menjadi sangat lambat dan menimbulkan para pengunjung merasa enggan membuka setiap halaman blog tersebut. Untuk meningkatkan kecepatan blog, sebaiknya gunakanlah template yang lebih ringan, silahkan anda gunakan template seo friendly.

Buatlah Navigasi yang Jelas
Navigasi yang jelas akan memudahkan pengunjung dalam melihat isi blog anda. Contoh, tampilkan Gadget seperti Arsip Blog, Popular Post, dan Kategori. Bisa juga membuat navigasi halaman jika artikel di blog anda sudah sangat banyak. Dengan kemudahan navigasi seperti itu, pengunjung akan merasa nyaman blogwalking di web anda dengan membaca berbagai artikel didalamnya.

Itulah tips saya pada kesempatan ini, semoga tips ini bermanfaat dan bisa membantu memperkecil tingkat bounce rate blog Anda. Terimakasih sudah membaca artikel ini.

Ketentuan Berkomentar

  • Komentar yang tidak sesuai topik lebih baik disampaikan di halaman-artikel .
  • Komentar yang menyertakan link hidup tidak akan ditampilkan / dihapus.
  • Format link yang diterima :
  • greenbaysludge.blogspot.com ganti menjadi greenbaysludge.
  • greenbaysludge.blogspot.com/p/sitemap.html ganti menjadi greenbaysludge[dot]blogspot[dot]com/p/sitemap[dot]html.
  • blogger.com ganti menjadi blogger atau blogger[dot]com.
  • 23 Februari 2015
Previous
Next Post »