12 Aturan dalam Menulis Posting Blog

Menulis di Blog
SETIDAKNYA ada 12 aturan main dalam menulis di blog: 6 boleh dilakukan, 6 lainnya tidak boleh dilakukan.

1. Fokus! 
Agar menulis di blog dengan fokus, pertama-tama jawab pertanyaan ini: Siapa target pembaca Anda? Jika targetnya para pencari berita tentang sepakbola, maka fokuslah menulis tentang sepakbola.

2. Jadilah diri sendiri! Be yourself!
Tulisan di blog sebaiknya menggunakan bahasa sehari-hari, gunakan gaya "ngobrol", bukan gaya menulis di koran apalagi bergaya "tulisan ilmiah". Ingat, blog itu "online diary", buku harian online. Let your readers get to know you.

3. Gunakan link dalam tulisan.
Use links within your posts. Usahakan selalu ada link dalam tulisan Anda, khususnya link blog atau website yang berisi informasi terkait, juga link ke tulisan Anda yang lain di blog Anda. Ini akan meningkatkan "klik" dan peringkat mesin pencari. Lagi pula, kekuatan blog itu adalah link dan informasi.

4. Sertakan Gambar/Foto.
Foto atau gambar ilustrasi berfungsi menguatkan tulisan blog, sekaligus "stimulasi visual" bagi pembaca blog. Jangan lupa, isi "properties" foto, yaitu judul foto (title) dan alternative text (alt text). Lebih baik lagi, rename foto Anda sesuai dengan judul tulisan sebelum diupload, serta edit agar ukuran filenya tidak besar (usahakan di bawah 100kb).

5. Respons komentar yang masuk.
Jangan "cuekin" komentar yang masuk, terlebih jika berupa pertanyaan. Paling tidak, ucapkan "terima kasih atas kunjungan Anda", “Thanks for reading my blog”.

6. Sebarkan tulisan Anda via Facebook, Twitter, Google+, dan di mana saja.
Jangan takut menggunakan media sosial untuk mempromosikan tulisan Anda di blog. Teman dan follower Anda adalah pembaca potensial blog Anda.

Menulis di Blog

Yang tidak boleh dilakukan saat menulis di blog

Ada enam hal juga yang tidak boleh dilakukan dalam menulis di blog:

1. Menentukan tujuan yang tidak realistis.
Jangan memaksakan diri harus mengisi blog tiap hari. Target paling realistis adalah seminggu sekali. Namun, jika memang tiap hari ada yang mau Anda ekspresikan dan share, just do it! Just write!

2. Menulis di blog terlalu panjang.
If you have something to say, say it! Namun, batasi jumlah kata yang Anda tulis menjadi antara 300-500 kata saja. Maksimum 800 kata. Jangan kepanjangan! Jangan pula kependekkan!

3. Melakukan kesalahan tata bahasa dan ejaan.
Gunakan bahasa yang baik dan benar. Jangan asal tulis. Ingat, mesin pencari juga merujuk pada kaidah tata bahasa ketika memeringkat blog.

4. Tulisan Negatif.
Selalulah berusaha menulis hal-hal positif, informatif, dan inspiratif.

5. Menulis paragraf panjang
Paragraf atau alinea panjang tidak disukai pembaca dan sulit dipahami. Usahakan per alinea maksimum lima baris. Sebaiknya variatif, antara 2, 3, 4, dan 5 baris per alinea secara bergantian.

6. Mengindari hal-hal baru
Jangan takut mencoba menulis hal baru, khususnya tema yang jarang ditulis blogger lain. If you feel it can add something special to your blog, try it!

Referensi: THE 12 DOS AND DON’TS OF WRITING A BLOG

Ketentuan Berkomentar

  • Komentar yang tidak sesuai topik lebih baik disampaikan di halaman-artikel .
  • Komentar yang menyertakan link hidup tidak akan ditampilkan / dihapus.
  • Format link yang diterima :
  • greenbaysludge.blogspot.com ganti menjadi greenbaysludge.
  • greenbaysludge.blogspot.com/p/sitemap.html ganti menjadi greenbaysludge[dot]blogspot[dot]com/p/sitemap[dot]html.
  • blogger.com ganti menjadi blogger atau blogger[dot]com.
  • 23 Februari 2015
Previous
Next Post »