Cara Membuat Blog dengan Nama Domain Sendiri

Nama Domain
Cara Custom Domain di Blogspot. Mengubah blogspot menjadi top level domain  .com, .net, dsb.

SEBENARNYA ketika Anda ngeblog di Blogspot/Blogger, Anda sudah membuat nama domain sendiri, yaitu di bagian www.namabloganda.blogspot.com. Hanya saja, masih ada "blogspot.com"-nya. Lalu bagaimana kalau ingin menghilangkan nama "blogspot.com"-nya?"

Ada beberapa cara untuk Membuat Blog di Blogspot dengan Nama Domain Sendiri
1. Gunakan jasa free domain seperti Free Domain Co.Nr sehingga nama blog Anda amenjadi www.namadomain.co.nr

2. Ngeblog dengan membeli/menyewa domain plus hosting, misalnya di Qwords.com atau di Rumahweb.com, lalu menggunakan CMS WordPress.org atau Joomla.

3. Beli/sewa domain di mana saja, lalu setting agar www.domainanda.com nge-redirect ke www.namabloganda.blogspot.com. Nantinya alamat blog Anda www.domainanda.com.

Custom Domain Blog

Ini dia cara Membuat Blog di Blogspot dengan Nama Domain Sendiri di Blogspot alias Custom Domain. Panduan dari Google langsung, sang pemilik blogspot/blogger.

  1. Temukan panel kontrol pada situs web pendaftar domain Anda dan tentukan setelan DNS (Sistem Nama Domain) Anda. Untuk menautkan blog anda ke domain ubahsuaian, ikuti petunjuk berikut untuk memasukkan "CNAME" dan "A-records" Anda.
    CNAME
    Untuk mengisi Nama, masukkan saja "www" dan daftarkan ghs.google.com sebagai Nama Inang. Lihat petunjuk terperinci kami tentang menyediakan CNAME untuk beragam pendaftar. Jika milik Anda tidak terdaftar atau jika Anda mengalami kesulitan lain, hubungi pendaftar Anda secara langsung dan mereka dapat membantu Anda.
    A-records (opsional)
    Tindakan berikut menautkan domain pokok Anda (example.com) ke situs sebenarnya (www.example.com). Jika Anda melewatkan langkah ini, pengunjung yang tidak mengetikkan "www" akan melihat laman galat.
    Masukkan nama domain Anda dalam format example.com, lalu masukkan alamat I.P. yang ditampilkan di bawah bagian "A". Anda perlu membuat A-records terpisah yang mengarah ke empat IP Google berbeda.
    216.239.32.21
    216.239.34.21
    216.239.36.21
    216.239.38.21
  2. Perbarui setelan Blogger Anda
    Sebelum Anda melanjutkan ke langkah ini, tunggu sekitar satu jam untuk mengaktifkan setelah DNS Anda. Jika Anda mencoba mengubah setelah penerbitan sebelum perubahan DNS aktif, kami akan memberi tahu Anda dengan pesan peringatan.
    Sekarang tiba saatnya memastikan Blogger mengetahui domain ubahsuaian Anda sehingga Google dapat mengarahkan pembaca ke blog Anda. Untuk memulai, klik tab Setelan | Penerbitan pada Blogger.
    Setelan untuk Penerbitan
    Lalu klik tautan yang membuat Anda dapat beralih ke domain ubahsuaian.
    Mengubah Domain
    Setelan Alamat Blogspot sekarang berubah ke Domain Anda. Tuliskan URL baru Anda (www.example.com), dan simpan setelan Anda. Jika Anda tidak memasukkan "www," Anda akan menerima pesan galat.
    Domain Sendiri
    Selamat, Anda berhasil!
Beberapa catatan berguna:
  • Jika domain baru Anda tidak meneruskan ke blog Anda, tunggu satu atau dua hari lagi untuk memastikan semua server DNS telah diperbarui. Jika masih tidak bisa, hubungi pendaftar Anda untuk memastikan bahwa Anda telah memasukkan setelah DNS dengan benar.
  • Alamat Blogspot asli Anda akan secara otomatis meneruskan ke domain baru Anda. Dengan demikian, tautan atau bookmarks ke situs Anda saat ini akan tetap dapat digunakan.
  • Gambar yang Anda poskan akan terus ditampilkan di blog Anda.

Blog dengan Custom domain atau Blog dengan Nama Domain Sendiri akan "lebih kredibel" karena tidak terkesan gratisan. Good Luck!

Post a Comment

0 Comments