Cara Menghilangkan Ikon Quick Edit dan Wrench (Tips SEO Blog)

Cara Menghilangkan Ikon Quick Edit dan Icon Wrench di Blogspot
Quick Edit Icon (gambar pinsil untuk edit cepat) dan Wrench Icon (ikon obeng dan tang) biasanya tampil di Blog Blogspot saat kita login. Ikon Quick Edit (gambar pinsil) biasanya muncul di bagian akhir posting. Fungsinya untuk memudahkan blogger mengedit postingannya. Tinggal klik gambar atau ikon pensil itu, maka blogger bisa mengedit atau mengupdate postingan.

Icon Wrench  muncul di setiap Gadget/Widget di sidebar. Fungsinya sama dengan ikon quick edit, yaitu memudahkan blogger untuk mengedit widget di blognya.

Masalahnya, sebagian blogger merasa terganggu dengan ikon-ikon tersebut. Toh kita bisa mengedit widget dan posting langsung di dashboard.

Lagi pula, keberadaan kedua icon tersebut rupanya menjadikan blog kita jadi "kurang SEO Friendly". Buktinya, silakan cek di Chkme, maka akan muncul Image Missing Description & Title, di antaranya ikon Wrench yang beralamat di http://img1.blogblog.com/img/icon18_wrench_allbkg.png.

Selain itu, Ikon Quick Edit dan Icon Wrench rupanya membuat blog kita tidak Valid HTML, sehingga memang harus dihapus.

Cara Menghilangkan Ikon Quick Edit dan Icon Wrench di Blogspot
1. Dashboard > Template > Edit HTML
2. Cari dan hapus semua kode  <b:include name='quickedit'/>
3. Save! Mudah 'kan?

Setiap kali kita menambahkan widget di sidebar atau di mana pun, maka Wrench Icon akan muncul, artinya kode <b:include name='quickedit'/> akan muncul pula di template. Maka, setiap menambah widget, kita harus menghapusnya pula! Capek deeeeh......!

Untuk Quick Edit yang bergambar pinsil, bisa juga dihilangkan dengan cara tidak mencentang Quick Edit di Dashboard: Layout > Blog Post > Edit.

Bagaimana biar tidak muncul atau menghilangkannya secara otomatis?
1. Dashboard > Template > Edit HTML
2. Cari kode </b:skin>
3. Copas kode di bawaa ini dan simpan di atas kode </b:skin>. Kalau sudah ada, pastikan display-nya "none".

.quickedit{display:none;}

4. Save!

Mudah 'kan Cara Menghilangkan Ikon Quick Edit dan Icon Wrench di Blogspot? Good luck....!

* Thanks to LawnyDesigns for this tips.


Post a Comment

0 Comments