Tips SEO Blog Terbaru 2014 Sesuai Algoritma Google

Tips SEO Blog Terbaru 2014 Sesuai Algoritma Google
Tips SEO Blog terbaru 2014 sesuai Algoritma Google ini disadur dari Hub Pages. Anda bisa membaca langsung tips SEO Blog terbaru ini langsung di sana versi bahasa Inggris. Katanya, tips SEO yang fokus untuk strategi SEO Google ini akan relevan untuk tahun 2014 dan seterusnya.
Satu hal terpenting dalam tips SEO Blog terbaru 2014 adalah bahwa Google kini fokus pada indeks dan penyajian konten berkualitas yang relevan dengan kata/istilah yang dicari user. 

Kata Kunci (Keyword): Fokus pada Topik Konten

Algoritma Google saat ini dan ke depan akan lebih fokus pada kata kunci pada judul posting, meta tag, URL, kepadatan kata kunci (keyword density), plus relevansi kata kunci dengan topik. Artikel, tulisan, atau posting harus memasukkan lebih banyak kata kunci yang relevan dengan topik posting.
Ini bukan berarti kita harus menuliskan kata kunci sebanyak-banyaknya, tapi harus menggunakan kata kunci yang semakna (sinonom) dengan kata kunci utama dan berkaitan dengan topik. 

Kualitas Artikel: Tulisan Panjang dan Bermakna


Sejak Google menerapkan algoritma Google Panda, banyak website yang turun peringkat karena artikelnya (posting) pendek-pendek, sekitar 250 kata. Artinya, kini Google lebih mengutamakan posting yang panjang dan mengabaikan artikel pendek.
Banyak website/blog yang sukses dengan posting sepanjang 1.500 kata. Tapi ingat, posting atau tulisan panjang harus tetap ditulis dengan baik, tata bahasa yang benar, dan berisi hal yang bermakna (bermanfaat) bagi user (pembaca). Artikel harus tetap fokus pada kata kunci dan topik tulisan. Tidak asal panjang.

Meningkatkan Trafik: Konten Segar dan Unik

Guna meningkatkan trafik atau pengungjung, kita harus menulis artikel/posting yang segar dan unik (Unique and Fresh Content). Posting copy paste dari blog lain tentu tidak masuk dalam kriteria konten unik dan segar.
Konten segar dan unik yaitu tulisan yang belum ditulis oleh blogger lain atau topik yang sama tapi dengan sudut pandang atau pendekatan yang berbeda.

Konten segar dan berkualitas akan di-share oleh user ke Google+, Facebook, Twitter, atau media sosial lainnya. Agar bisa membuat konten segar dan berkualitas, kita harus kreatif, banyak baca, banyak referensi, pandai membaca topik hangat, dan tentu saja bisa menulis dengan baik.

Menghindari Bounce Rate

How much time does visitor to your website spent or in other words bounce rate. Well if you are having a meaningful content and giving what visitor wants than he will be spending more time on your webpage. Increasing user engagement on your website can reduce bounce rate and thereby increase the chances of better ranking.
Semakin betah user membuka blog kita, semakin jauh bounce rate dari blog kita, dan otomatis itu meningkatkan trafik dan ranking blog.
Selain karena konten berkualitas, user juga akan betah dan berlama-lama di blog kita jika desain, tampilan, atau template blog kita SEO Friendly dan User Friendly. Layot (tata letak) yang bagus, jenis huruf yang bagus dan mudah dipindai/dibaca, spasi antar alinea, spasi antar baris, navigasi yang baik, juga keterseiaan link (internal link).
Template Blog SEO Friendly dan User Friendly itu cirinya fast loading, tidak lelet, bersih, simple, tidak banyak warna, ada breadcrum, ada related posts, ada sosial share, dan sebagainya. Untuk itu, gunakan template blog yang SEO Friendly! 

Jangan Terlalu Banyak Iklan!

Jangan terlalu banyak iklan di blog Anda. Selain mempengaruhi loading, terlalu banyak iklan juga kurang SEO dan bisa kena penalti Google. Jangan pula berisi iklan yang "menipu" atau membohongi user. Misal, gambar "cantik" padahal isi iklannya lain.
Hindari pula animasi dan iklan pop up. Gambar melayang dan sejenisnya juga tidak disukai Google dan pembaca.

Judul dan Header yang Menarik

Gunakan judul dan header yang menarik, unik, tapi tidan "aneh". Kata kunci tetap harus diperhatikan. Judul harus tetap sesuai dengan isi atau topik tulisan. Daya tarik bisa didukung ukuran dan warna huruf.

Gunakan Meta Deskripsi

Pastikan blog Anda mempunyai Meta Tag (Meta Title, Meta Description, dan Meta Keyword). Kata kunci (keywods) harus relevan dengan judul dan deskripsi. Hindari stuffing, yaitu "penipuan" atau penyimpangan kata kunci.

URLs yang Mudah Dibaca

URL posting sebaiknya sama dengan judul. Di Blogspot, kita bisa mengaturnya i menu Permalink --sebelah kanan kolom tulisan saat kita menulis. Gunakan "Custom Permalink". Copas judul posting Anda ke kolom yang disediakan, dan sambungkan kata demi kata dengan tanda strip (-).

Fast Loading: Kecepatan Loading Blog

Google menyukai dan menyarankan blog kita tampil cepat (fast loading). Anda bisa posting ini: Cara Agar Blog Fast Loading. Gunakan template yang simple, SEO, dan hindari gambar yang besar.

Blog dengan loading cepat disukai mesin pencari juga user, sehingga mengurangi Bounce Rate sekaligus bisa menaikkan trafik dan ranking blog.

Pastikan Soal Crawl

Blog kita harus mudah di-crawl oleh Google. Gunakan Meta Robots dalam template Anda. Jangan lupa aturan soal nofollow dan dofollow juga. Baca juga: Cara Agar Blog Cepat Terindeks Google. Sekian. Good Luck!

Post a Comment

0 Comments