Waktu yang Tepat untuk Nulis (Update) Posting Blog

Waktu yang Tepat untuk Nulis (Update) Posting Blog
KAPAN Waktu yang Tepat untuk Nulis (Update) Posting Blog? Bagi CONTOHBLOG, waktu yang baik untuk update blog itu siang hari. Soalnya, pengunjung terbanyak CONTOHBLOG itu malam hari, berdasarkan statistik dari blogger sendiri yang bisa kita cek di dashboard (menu Stats).

Siang hari, pengunjung blog GBL di kisaran 400-500-an pembaca. Begitu malam hari, bisa mencapai di atas 1000 pengunjung (dikit sih, tapi lumayan lah...:)).  Itu pas dicek keesokan harinya atau tiap pagi hari.

Selain Statistik Pengunjung blog dari Blogger, acuan terbaik lainnya adalah Google Analytic. Bisa juga "ngintip" pembaca blog kita melalui Histats. Nah, dari itu semua, kita bisa menentukan kapan waktu terbaik unttuk update blog kita.

Sebuah studi yang dipublikasi Dash Burst mengatakan, ada untung-rugi saat posting blog saat jam-jam sibuk dan saat jam-jam tidak sibuk (malam, misalnya). Posting di high traffic hours (day time) bisa mengundang pengunjung dan komentar lebih banyak, namun kompetisi dengan posting blog lain lebih ketat!

Jika posting saat low activity times (night time), kita bisa mengharapkan kunjungan yang banyak pula, namun saat "off hours" jumlah pengunjung biasanya sedikit.

Ini kutipannya:

Posting content during high traffic hours (day time) can lead to more visitors, comments and engagement but it’s more likely your post will be buried in the competition with other articles.
When posting during low activity times (night time) you can expect more prominence within user feeds with less noise, but fewer visitors during off hours.
The data also shows that most users read blogs throughout the day, with the highest percentage in the morning between 8am to 11am (peak blog views by hour). The average blog gets the most traffic on Monday but more comments on a Saturday when people aren’t generally working.

Menurut studi tersebut, pengunjung blog tertinggi itu di pagi hari, antara jam 8 hingga 11, terutama hari Senin. Namun komentar biasanya banyak muncul akhir pekan, hari Sabtu, saat orang "nyantai".

Data lainnya menunjukkan, posting blog terbaik itu ya di pagi hari itu, antara jam 8 hingga jam 10 pagi.

Menurut GBL sih, posting blog kapan saja begitu ada ide dan kesempatan (waktu luang). Posting aja, kapan saja, toh kadang-kadang indexing Google juga lambat ^_^. Good luck! Happy blogging! Yang penting nulis dan KARYA SENDIRI! Bukan Copas! Wasalam.


Post a Comment

0 Comments