Cara Share Posting Otomatis ke Facebook, Twitter, Google Plus

Cara Share Posting Otomatis ke Facebook, Twitter, Google Plus
SHARE update posting blog ke media sosial Facebook, Twitter, dan Google Plus merupakan bagian dari Tips SEO, yang dikenal dengan istilah "SEO Social Media".

Media sosial terbukti ampuh untuk menaikkan jumlah pengunjung blog (trafik). Media Sosial pun menjadi salah satu dari tiga pilar SEO, selain Konten dan Link. (Three Pillars of SEO).

Kali ini GBL akan berbagi tentang cara share posting otomatis ke Facebook, Twitter, Google Plus.

Share Otomatis ke Facebook

Cara share otomatis posting blog ke Facebook sangat mudah. Caranya, buatlah akun di Networkedblogs dan daftarkan blog kita di sana.

Setelah berhasil membuat akun, klik menu "Register New Blog" dan "Syndication". Lakukan setting seperti diminta atau isi form yang disediakan di sana.

Setelah selesai semuanya, kita bisa share posting blog kita secara otomatis ke Facebook dan Twitter. Bisa ke akun pribadi, page, dan grup Facebook sekaligus.

UPDATE!!! 
Mungkin karena "laku keras", NetworkedBlogs tidak bisa lagi menerima pendaftaran blog baru. Sebagai gantinya dan bisa jadi lebih baik, kita bisa gunakan Dlvr It.
dlvr.it helps publishers deliver their content to the social web, including twitter and facebook.

Share Otomatis ke Twitter

Share posting blog otomatis ke twitter sudah sekaligus tuh 'kan di share ke Facebook via Networkedblog. Bisa juga share otomatis ke Twitter itu lewat akun FeedBurner.

Caranya, buat akun di FeedBurner dan daftarkan blog kita di sana. Masukkan feeds blog dengan format, misalnya, http://greenbaysludge.blogspot.com/feeds/posts/default dan klik NEXT dan seterusnya.

Jika sudah berhasil, akan ada menu "Socialize" dan "Publicize". Masukkan akun twitter kita, maka setiap update blog, posting akan otomatis muncul di akun twitter kita.

Share Otomatis ke Google Plus

Google Plus telah menjadi pilihan utama Google dalam meranking blog. Itu karena Google Plus adalah media sosial milik Google. Wajarlah jika "dianakemaskan", sebagaimana dia menganakemaskan blog blogspot ketimbang wordpress.

Nah, untuk share otomatis ke Google Plus, pertama-tama tentu kita harus punya dulu akun Google Plus. Yang akun blognya masih berupa "Blogger Profile", silakan ubah (upgrade) ke Google Plus.

Setelah itu, di Dashboard Blogger itu ada menu "Google+". Nah, klik deh itu lalu centang "share otomatis".

Setting Google Authorship

Akan lebih mantap jika kita setting juga Google Authorship, yaitu bukti kepemilikan blog. Google sangat suka jika sebuah blog jelas pemiliknya, yaitu sama-sama punya akun Google Plus.

Caranya, silakan buka panduanya di Google Authorsip. Kalau punya GBL, settingan dan kodenya seperti ini, yang disimpan di bawah kode <head>:

<link href='https://plus.google.com/106869251529186655236?rel=author'/>
<link href='https://plus.google.com/112295816156065508748' rel='publisher'/>

Sebagai tambahan, GBL juga menyertakan link akun Google Plus untuk  "Poted by ..." Untuk contoh, klik deh "Posted by GBL Blogger" di bawah judul posting ini.

UPDATE!!!
Sudah lama Google menghapus Google Authorship. Bahkan, belakangan Google Publisher pun menghilang di Google Structured Data Testing Tools. Kayaknya Google makin fokus ke Konten Berkualitas. Content is King!

Demikian share GBL kali ini tentang Cara Share Posting Otomatis ke Facebook, Twitter, Google Plus. Semoga bermanfaat. Wasalam. Good Luck!

Post a Comment

0 Comments