Masalah Tanggal dan Hari di Posting Blog

Haruskah menggunakan tanggal dan hari di posting blog? Itu lho... di bawah judul tulisan biasanya ada yang kayak gini "Posted by Nama Blogger on Sunday, 25 May 2014". Nama blogger OK, 'gak masalah, tapi bagaimana dengan hari dan tanggal (posting day and date)? Haruskah ada?

Posting ini GBL buat setelah Googling dengan kata kunci "mengganti template blog". Posting GBL soal itu ada di Numero Uno di hasil pencarian (SERP)!

GBL juga coba cek kata kunci lainnya "Template Blog Terbaru". Lagi-lagi "number one"! Bukti dan fakta ke-SEO-an template blog yang GBL modif dan gunakan: New Johny Wuss.

Ini Screen Shot-nya:

Tanggal dan Hari di Posting Blog


Tanggal dan Hari di Posting Blog

Yang jadi masalah buat GBL adalah munculnya tanggal di hasil SERP Google itu. GBL pikir itu hanya mengurangi jumlah kata atau karakter alinea pertama posting yang terindeks Google.

GBL berpikir, Haruskah Menggunakan Tanggal dan Hari di Posting Blog? Adakah kaitannya tanggal dan hari di posting blog dengan SEO Blog?
Maka... Googling!  Hasilnya dan kesimpulannya: HAPUS HARI DAN TANGGAL di Posting Blog!

Tapi, tunggu, menghapus hari dan tanggal tanggal di posting blog itu "hanya berlaku" bagi blog yang berisi tips atau tulisan yang tidak terikat dengan aktualitas. Hari dan tanggal diperlukan oleh blog berita (situs berita) untuk menunjukkan aktualitas posting.

Fungsi Hari dan Tanggal Posting

Dari hasil "studi online" GBL, hari/tanggal di posting blog itu tidak terlalu diperlukan. Karena posts date itu hanya berfungsi sebagai informasi kepada pembaca, tentang kapan posting itu dibuat dan dipublikasikan. Itu saja!

Tanggal itu akan jadi masalah jika posting dibuka tahun 2014, sedangkan di sana tercantum posted on 2010 misalnya. Artinya, posting sudah berusia 4 tahun! Wah... bisa-bisa dianggap "basi" (timeless) deh, padahal postingannya masih relevan dengan kondisi masa kini.

Itulah sebabnya, seorang pakar SEO, Mike Piper, memberi saran begini: Remove all dates from your posts and comments! Hapus semua tanggal dari postingan dan komentar!

Alasan utamanya, itu tadi... khawatir pengunjung tidak mau baca karena menganggap posting kita sudah "out of date"!

Masalah lainnya, hari dan tanggal itu muncul di hasil pencariaan (SERP). Lihat lagi deh gambar di atas.... Nah, bisa jadi 'kan, karena tanggalnya satu atau dua tahun lalu, pengunjung gak mau klik karena berpikir posting itu tulisan lama, meskipun masih relevan.

Jadi? GBL sih memilih hapus saja tanggal posting itu karena mayoritas posting GBL adalah tips blogging yang tidak tergantung tanggal dan hari. GBL akan buat posting baru jika ada yang berubah.

Cara Menghapus Hari dan Tanggal Posting

Ini yang GBL lakukan di blog ini. Cara ini juga berlaku bagi pengguna New Johny Wuss. Yang bukan New Johny Wuss, sesuaikan saja.... biasanya kodenya HTML-nya sama.

1. Template > Edit
2. Temukan (CTRL+F) kode  <div class='post-header'>. Ada dua, pilih yang kedua, dan tambahkan kode berikut ini di bawahnya. Jangan lupa ganti URL Google Plus dengan punya Anda.

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
    <div class='post-header-line-1'/>
   <h3 class='date-header'><span>Posted by <a href='https://plus.google.com/106869251529186655236?rel=author' target='_blank'>CONTOH BLOG</a></span></h3>
</b:if>

Sehingga hasilnya menjadi begini:

    <div class='post-header'>
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
    <div class='post-header-line-1'/>
   <h3 class='date-header'><span>Posted by <a href='https://plus.google.com/106869251529186655236?rel=author' target='_blank'>CONTOH BLOG</a></span></h3>  
</b:if>
    </div>

3. Save!
4. Klik menu "Layout" di Dashboard
5. Klik kotak "Blog Post" dan klik "Edit" (Configure Blog Post)
6. Centang HANYA di bagian "Comments" ("Kommentar") doang! Lainnya gak usah dicentang!
7. SAVE!

Tanggal dan Hari Posting dan SEO Blog

Apakah menghapus hari/tanggal posting ada pengaruh pada SEO? Jawabnya NO! Ketika GBL cek kembali ke Chkme, ini hasilnya:
SEO Score for http://greenbaysludge.blogspot.com/ 100 % - Congratulations!

Referensi:
http://doncrowther.com/blogging/blogpostdating
http://www.problogger.net/archives/2008/07/22/dates-on-blogs/
http://www.blogthority.com/540/easy-seo-tip-remove-dates-from-posts-and-comments/

Post a Comment

0 Comments