Penyebab Pengunjung Malas atau Tidak Komentar di Blog Anda

BLOG Anda sepi komentar? Banyak hal yang menjadi penyebabnya, seperti sepi pengunjung, artikel tidak menarik, pembaca malas atau tidak tertantang berkomentar, user "tidak ingin ketahuan" membuka blog Anda, atau user "tidak mau berterima kasih" padahal ia mendapatkan manfaat dari posting blog Anda.

Kali ini GBL akan membahas SATU saja penyebab pengunjung malas atau tidak jadi berkomentar di blog Anda, yaitu diaktifkannya CAPTCHA di setting kolom komentar. Keharusan mengetikkan beberapa kata atau angka yang "njilmet" di Captcha, membuat pengunjung malas atau tidak jadi alias batal komentar.

Ini pengalaman pribadi GBL... ketika mau komentar, kadang jadi malas dan membatalkan komentar karena adanya Captcha ini:

setting kolom komentar blog yang baik


CAPTCHA memang berfungsi membuktikan bahwa sang komentator adalah manusia (human) bukan robot atau mesin (misal mesin spammer). Namun, hal itu bisa kita siasati dengan mengaktifkan MODERASI komentar.
Jadi, setting kolom komentar blog yang baik adalah menonaktifkan CAPTCHA di seting kolom komentar. Itu akan membuat pengunjung mudah dan nyaman berkomentar.

Adanya Captcha menyita waktu pembaca untuk berkomentar. Maka, permudahlah dengan menghilangkannya!

Caranya, klik "Setting" > "Post Comment", lakukan setting sbb:

  1. Comment Location ? Pilih "Embedded"
  2. Who can comment? Pilih "Anyone - includes Anonymous Users"
  3. Comment Moderation ?  Pilih "Always"
  4. Show word verification ? Pilih "No"
  5. Show Backlinks ? Pilih "Show"

Posts and Comments Settings


Itu dia salah satu penyebab pengunjung blog malas atau tidak komentar, sekaligus cara mengatasinya.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Komentar Blog

Post a Comment

0 Comments