Cara Membuat Komentar Yang Relevan Di Blog

Cara membuat komentar yang relevan di blog. Alasan kenapa saya ingin menulis artikel mengenai bagaimana cara berkomentar di blog ini tentu dengan sebuah alasan. Begitu banyak blogger pemula atau dari mereka yang sedang mulai membangun blog baru, entah itu blog untuk usaha bisnis online ataupun hanya blog biasa dan berusaha ingin mendapatkan backlink dengan cara berkomentar dan meninggalkan link. Betul bahwa dengan cara berkomentar di blog lain merupakan salah satu optimisasi seo offpage yang bisa dilakukan untuk meningkatkan posisi seo blog di serp seperti search engine Google.

Namun tidak sedikit dari mereka yang sepertinya menyia-nyiakan usahanya tersebut hanya dengan meninggalkan komentar spam! Entah mungkin karena malas menulis komentar yang panjang dan relevan atau memang belum mengetahui cara bagaimana membuat komentar yang baik dan benar. Hal ini sebaiknya diperhatikan agar pekerjaan blogwalking untuk membuat komentar di banyak blog tidak menjadi perjalanan serta usaha yang sia-sia.  Cara melakukan optimisasi komentar blog sebagai usaha untuk meraih dan meningkatkan posisi SEO terbaik di mesin pencari, sebaiknya juga dilakukan dengan benar.


cara-berkomentar-di-blog

Bagaimana Cara Melakukan Optimisasi Komentar Di Blog?

Kreatiflah untuk mencari backlink, carilah blog yang memiliki kriteria sama dengan blog yang akan di optimisasi. Anda bisa menggunakan Google untuk membantu cara ini. Contoh sederhana pada serch engine ketikan keyword yang ditargetkan misalnya "belajar seo". Dengan begitu google akan menampilkan banyak blog hasil pencarian yang sesuai dengan kriteria kata kunci yang dicari.

Carilah blog dofollow di mana anda bisa berkomentar dan meninggalkan backlink yang juga bersifat dofollow nantinya. Tetapi hal terpenting apakah anda berkomentar di blog yang memiliki topik sama ataupun tidak, gunakan bahasa yang sopan dan kalimat yang relevan dengan artikel yang anda beri komentar tersebut, dan tentunya harus relevan juga dengan kata kunci blog anda. Sebab jika tidak komentar yang anda tulis hanya akan dianggap spam dan akhirnya tidak dimuat atau bahkan dihapus oleh admin blog. Rugi bukan? Udah cape-cape di sana sini berkomentar tapi ahkirnya malah dihapus.

Kalimat berkomentar dengan relevan yang dimaksud adalah tidak terlalu panjang tapi juga tidak terlalu singkat. Hindari kalimat pada komentar yang tidak ada hubungannya dengan topik pada tulisan tersebut. Kalaupun ingin mengajak admin, ajaklah admin dengan sopan untuk berkujung dan berkomentar balik ke blog anda. Seringkali di blog ini saya mendapati komentar yang tidak nyambung, ataupun komentar singkat spam seperti hanya menuliskan kalimat:

"terimakasih, bermanfaat sekali, jangan lupa kunjung baliknya ya gan?"

Berkomentar dengan kalimat singkat dan tidak relevan seperti itu hanya akan dianggap spam dan tentunya akan dihapus. Apabila pada setiap halaman pada blog terlalu banyak komentar spam, link yang ditinggalkan oleh mereka yang berkomentar tentu akan menjadi sebuah link external. Jika terlalu banyak link keluar dan link tersebut dianggap spam oleh Google, tentu saja semakin lama hanya akan semakin menurunkan reputasi blog di serp Google. Berpikirlah seperti saat anda menjadi admin blog milik anda sendiri, tentu yang diinginkan pada setiap artikel yang di publikasikan adalah komentar yang sesuai dengan posting yang anda ditulis.

Demikian juga sebaliknya, admin di blog lain juga pasti menginginkan hal yang sama, sebab mereka tentunya tidak ingin blognya penuh hanya dengan komentar spam. Salah satu alasan saya juga kenapa dengan berat hati harus menutup komentar blog dan diganti dengan komentar facebook, karena terlalu banyaknya komentar spam yang masuk di setiap halaman. Demikian pembahasan saya kali ini mengenai konsep cara berkomentar yang benar sebagai upaya untuk melakukan optimisasi offpage dengan cara optimisasi pada saat menulis komentar di blog lain. Semoga apa yang dibahas pada tulisan ini bisa membantu dan bermanfaat.

Ketentuan Berkomentar

  • Komentar yang tidak sesuai topik lebih baik disampaikan di halaman-artikel .
  • Komentar yang menyertakan link hidup tidak akan ditampilkan / dihapus.
  • Format link yang diterima :
  • greenbaysludge.blogspot.com ganti menjadi greenbaysludge.
  • greenbaysludge.blogspot.com/p/sitemap.html ganti menjadi greenbaysludge[dot]blogspot[dot]com/p/sitemap[dot]html.
  • blogger.com ganti menjadi blogger atau blogger[dot]com.
  • 23 Februari 2015
Previous
Next Post »