Pengertian dan Jenis-Jenis Bisnis Online

bisnis online
Bisnis Online (Online Business) adalah usaha yang dilakikan di internet dengan memanfaatkan blog/website, media sosial, forum, email, e-newsletter, dan fasilitas online lainnya. Bisnia online biasanya dijalankan di rumah. Pelakunya sering disebut "wirausahawan online" (onlinepreneur).

Istilah lain bisnis online adalah "make money online" (menghasilkan uang di media online) dan "earning money with blog" (mendapatkan uang dengan ngeblog).

Salah satu jenis bisnis online dalam kaitannya dengan blogging adalah ikut program Google Adsense. Di dashboard blogger ada menu "Earning" dan "Make Money with Your Blog".

Jenis-Jenis Bisnis Online

Google Adsense hanyalah satu dari sekian peluang dan jenis bisnis online. Masih banyak jenis bisnis online lainnya, seperti jualan produk dan jasa secara online.

Blogging
Bisnis online dengan ngeblog misalnya memasang iklan Google tadi, menulis review berbayar, atau mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk orang lain. Bisa juga dengan cara membuat toko online atau portfolio online (mempromosikan jasa/keahlian).

Paid Writing
Ini jenis bisnis online dengan cara mendapatkan bayaran (honor) dari menulis, misalnya di media online yang menyediakan honor bagi penulis luar, Helium, atau PayPerPost. Menulis e-book dan menjualnya secara online juga termasuk jenis bisnis online "paid writing".

Affilliate/Reseller
Mengikuti program afililiasi atau menjadi reselller, seperti di eBay atau Amazone. 

Buying/Selling domains
Jual-beli domain. Caranya, membeli domain dari provider yang ada, lalu Anda jual kembali dengan harga lenbih mahal.

Selling photos
Ini jenis bisnis online yang sangat cocok untuk fotografer, yaitu dengan menjual foto, seperti Fotolia, Dreamstime, dan Shutterstock. Anda tinggal "hunting foto" lalu membuat blog/web khusus untuk memasang foto-foto Anda.

Support & service
Ini jenis bisnis online bagi webmaster, yaitu menjual jasa pembuatan blog/website atau menawarkan jasa SEO Blog/Website bagi pakar SEO.

Masih banyak jenis bisnis online lainnya. Jenis Bisnis Online mana yang sedang Anda lakukan?

Post a Comment

0 Comments