Bingung Nulis Posting di Blog? Intip Google Trends!

 Google Trends
Google Trends bisa menjadi sumber inspirasi dan ide posting blog dengan topik aktual dan dicari orang.

BANYAK blogger yang kadang bingung mau nulis posting apa di blognya. Katakankah... kehabisan ide! GBL berbagi tips nih... jika hal itu Anda alami, maka manfaatkan saja Google Trends!

Di Google Trends kita bisa menjelajahi topik penelusuran yang sedang tren atau lagi banyak dicari user internet. Setidaknya akan muncul lima topik teratas.

Nah, apakah salah satunya terkait dengan niche blog Anda? Tulis tentang itu! Lebih lengkap....!!! Jangan lupa, lakukan "riset data" dulu, kumpulin bahannya, lalu tulis ulang dengan bahasa (redaksi) sendiri. Jangan lupa pula, sebutkan sumbernya kalo ngutip.

Saat posting ini ditulis, Jumat 25 Juli 2014, ada lima topik yang sedang ngetrend di Google Indonesia, sebagai berikut:
  1. Agama Baha'i
  2. Jokowi Center
  3. Reece James
  4. Hari Anak Nasional
  5. Jokowi

Agama Baha'i

Agama Baha'i nge-trend gara-gara twit Menteri Agama yang menyatakan agama Bahai diakui sebagai agama resmi di Indonesia.

Ketua Dewan Pimpinan MUI Pusat, KH. Muhyidin Djunaidi, menyatakan Baha'i adalah agama produk manusia dengan pendirinya, Bahaullah, yang mengaku sebagai manifestasi Tuhan di dunia.

"Misi utama agama Baha'i adalah menyampaikan perdamaian dan keadilan universal. Semua agama dianggapnya sama baik," tutur Muhyidin saat dihubungi Republika, Kamis (23/7) malam.

Pendiri agama Baha'i adalah orang Iran pada tahun 1884 yang bernama Babullah, atau "pintu Allah". Jadi, sebenarnya Baha'i punya kemiripan dengan agama dunia lainnya seperti Hindu, Buddha dan Shinto. "Makam Babullah ada di Haifa, Israel. Saya khawatir pengikut Baha'i akan minta izin pemerintah untuk dibolehkan ziarah ke Israel dengan alasan agama," ungkap Muhyidin.

Jokowi Center

Jokowi Center dan Jokowi tentu saja masih terkait dengan Pilpres 2014. Kayaknya yang dicari adalah info terbaru soal susunan kabinet Jokowi-JK atau perkembangan hasil pemilu presiden yang kabarnya digugat pasangan Prabowo-Hatta.

Reece James jadi trending karena pemain Manchester United (MU) itu mencuri perhatian publik saat ia mencetak gol di pertandingan perdana MU dalam tur pramusim di Amerika Serikat. Orang jadi penasaran kan, siapa tuh si James tiba-tiba menjadi "bintang" di MU.

Sedangkan Hari Anak Nasional (HAN) jadi trending karena tanggal 23 Juli adalah Hari Anak Nasional. Orang jadi pingin tahu kan, ada apa di HAN itu.

Nah, itu saja share GBL soal Google Trends yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber inspirasi posting blog, khususnya General Blog --blog yang berisi segala macam topik atau tema.

Niche Blog atau blog dengan topik tertentu juga sesekali boleh kok menulis di luar Niche, gak masalah..... GBL juga sering kok dan banyak pembacanya, seperti yang jadi salah  satu posting populer: Daftar Tarif Internet Smartfren.

Post a Comment

0 Comments