Komentar Buruk (Bad Comment) di Blog yang Harus Dihindari

komentar di blog
SETIAP hari selalu ada komentar baru di blog GBL. GBL ucapkan thanks a lots, makasih banget, atas kesediaan para komentator "meninggalkan jejak" dengan berkomentar. Namun, banyak juga pengunjung yang berkomentar buruk (bad comment), mungkin karena belum baca postingan ini: Cara Komentar yang Baik.

Baiklah kita bahas lagi soal komentar baik dan komentar buruk ini. Komentar yang baik adalah komentar yang:

  1. "Tulus", benar-benar dengan hati, misalnya mengungkapkan rasa terima kasih karena terbantu dengan postingan yang dibaca.
  2. Sesuai dengan topik alias tidak OOT (Out Of Topic).
  3. Benar-benar share pemikiran atau pengalaman terkait posting --melengkapi isi posting.
  4. Tidak nyepam.
  5. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan santun.
Sebaliknya, ciri-ciri komentar yang buruk antara lain:
  1. Hanya "modus" untuk mendapatkan "backlink" dan kunjungan balik. Misalnya, hanya menulis "great post", "nice post", "info menarik Gan" plus "kunbal ya di [url blog]..."
  2. OOT
  3. Tidak berisi ide atau pengalaman
  4. Menyertakan link hidup/link aktif alias SPAM.
  5. Menggunakan bahasa yang sulit dimengerti dan tidak sopan.
Yang paling sering GBL temukan di blog ini ataupun di blog lain adalah komentar seperti ini: "Info menarik, ditunggu kunjungan baliknya ya di http://contohblognih.blogspot.com..." Ini komentar "Spammy", berbau spam. Kentara banget sang komentator "hanya" bermaksud mendapatkan "kunbal".

Namun, komentar demikian masih bisa ditoleransi. Mungkin, mereka masih baru di dunia blogging dan bermaksud menebar link blognya di sebanyak mungkin blog lain. GBL pun masih publish kok komentar-komentar singkat, asalkan bukan spam.

Komentar Spam

Yang parah adalah komentar spam. Ini "musuh bersama" (common enemy) para blogger. Masih mending jika linknya mengarah ke "blog positif", tapi banyak juga yang blognya berupa blog "dewasa" dan berbau judi.  Kalau itu, bukan saja komentar buruk, tapi juga blogger negatif alias blog tidak sehat.

GBL pernah contohkan komentar Spammy yang masuk seperti gambar berikut ini:


Wuuiiih... "ngeri" kali 'kan ini komentar! Bisa-bisa Google Adsense GBL kena banned jika menampilkan komentar kayak gitu.

GBL mohon maaf kepada sang komentator karena tidak bisa publish komennya. Namun, GBL juga punya saran, sebaiknya blogger bisnis mempunyai OpenID untuk komentar, biar tidak terlalu "vulgar" ketika berusaha menebar link di blog lain lewat komentar. 

Apakah link building dengan komentar di blog lain bagus untuk SEO? Ini jawaban langsung dari Google. Intinya, Blog Commenting is Fine for Link Building! Maka, keep commenting.... but relevant and informative!


Ketentuan Berkomentar

  • Komentar yang tidak sesuai topik lebih baik disampaikan di halaman-artikel .
  • Komentar yang menyertakan link hidup tidak akan ditampilkan / dihapus.
  • Format link yang diterima :
  • greenbaysludge.blogspot.com ganti menjadi greenbaysludge.
  • greenbaysludge.blogspot.com/p/sitemap.html ganti menjadi greenbaysludge[dot]blogspot[dot]com/p/sitemap[dot]html.
  • blogger.com ganti menjadi blogger atau blogger[dot]com.
  • 23 Februari 2015
Previous
Next Post »