Tidak Usah Minta Kunjungan Balik di Komentar Blog

Tidak Usah Minta Kunjungan Balik di Komentar Blog
HAMPIR setiap hari ada komentar yang minta kunjungan balik (kunbal), seperti "ditunggu kunbalnya", "mampir ke blog ane", "kunjungi blog saya", dan semacamnya, plus link atau alamat blognya.

Ada pendapat, meminta kunjungan balik atau kunjungan balasan akan membuat pemilik blog malah menjadi malas untuk berkunjung ke blog Anda. Alasannya, karena pemilik blog langsung tahu bahwa tujuan Anda meninggalkan komentar "hanyalah untuk mencari kunjungan balik".

Pendapat lebih "ekstrem" dan bisa menyinggung perasaan para "blogwalker" (blog yang suka blogwalking untuk cari backlink dan kunjungan balik), bahwa blogger yang dalam komentar meminta kunjungan balik adalah "pengemis kunbal". Wah... GBL gak sependapat, terlalu "kasar" lah kalo disebut "pengemis kunbal".

Banyak blogger "senior" yang menyarankan agar kita TIDAK meminta kunjungan balik secara terang-terangan. Soalnya, itu hanya menunjukkan Anda adalah blogger baru atau blogger lama namun blognya sepi pengunjung.

GBL sependapat, kita tidak usah meminta kunjungan balik dalam komentar blog. Silakan simak lagi posting GBL soal 
Sebagai sesama blogger, GBL sudah berusaha "berbaik hati" dengan melakukan setting blog yang memungkinkan para komentator meninggalkan link blognya, yaitu dengan menggunakan Open ID. Yang belum punya Open ID untuk Komentar, silakan lihat Cara Membuat OpenID Komentar.

GBL "jamin", insya Allah, sebelum publish komentar Anda, GBL hampir selalu membuka link blog yang Anda sertakan dalam komentar. GBL 'kan juga penasaran dong, ingin tahu blog Anda, dan seringkali blog Anda menjadi inspirasi untuk update blog ini.

Tapi mohon maaf, jika blog Anda soal judi, apalagi pornografi, maka komentar dan link blog Anda tidak akan dipublish... Maaf ya.... Soalnya GBL setuju banget dengan kampanye "Internet Positif" :) Apalagi komentarnya disertai minta kunjungan balik :)

Bagaimana dengan Anda, apa banyak juga yang komentarnya kayak gini: "nice info gan, ditunggu kunbalnya ya http://greenbaysludge.blogspot.com/" di blog???

O iya, mohon maaf ya jika ada yang "kesindir" apalagi "tersinggung" sama posting "Tidak Usah Minta Kunjungan Balik di Komentar Blog" ini :) Pizzz ah....!

Good Luck and Happy Blogging!


Post a Comment

0 Comments